Gallery Posts

Office Maps

Forum antar Asosiasi BUMD

  • Home
  • Forum antar Asosiasi BUMD
Blog Image

Forum antar Asosiasi BUMD

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) merupakan instrumen pemerintahan yang memiliki peran untuk mengembangkan perekonomian daerah hingga nasional yang dibentuk berdasarkan UU no.5 tahun 1962 tentang Perusahaan Daerah. BUMD bertujuan untuk melaksanakan pembangaunan daerah melalui pelayanan jasa kepada masyarakat, penyelenggaraan kemanfaatan umum dan peningkatan penghasilan pemerintah daerah.

 

Salah satu tantangan BUMD saat ini adalah berkaitan dengan regulasi Peraturan Pemerintah no. 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah yang ketentuannya masih banyak beririsan / bersinggungan dengan Peraturan Pemerintah lainnya, Peraturan Menteri Dalam Negeri, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan ketentuan lainnya yang mengikat BUMD dalam mengembangkan bisnisnya dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.

 

Untuk itulah BUMD pada industri yang sama bergabung dan membentuk Asosiasi agar menjadi wadah yang dapat mempersatukan, membina, mengembangkan, serta memajukan perusahaan terutama pada industri penjaminan. Dan setiap Asosiasi pada Pemerintahan Daerah tergabung dengan adanya Forum antar Asosiasi BUMD yang terdiri dari Asbanda, Perbamida, Perpamsi, Forkalim, Asparindo, Aspenda, dan Perdasi. Forum ini bertujuan untuk mempererat komunikasi dan informasi antar asosiasi, membahas permasalahan dan mencari solusi bersama untuk dapat disampaikan ataupun menjadi bahan masukkan bagi para pemangku kebijakan(stakeholder) di Pemerintahan Pusat, Kementerian, Pemerintahan Daerah, dan para pemegang saham.

 

Dengan adanya kegiatan rapat hari ini yang diadakan di Cafe Talaga Rempah, Bogor (30/01/2024) maka kedepannya Asosiasi-asosiasi antar BUMD yang tergabung dalam Forum ini dapat berkolaborasi sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan daerah.